Jumat, 17 April 2020

Business Model Canvas

Business Model Canvas
by Ervina Nasution


  •         Definition of a Business Model

Model bisnis adalah rencana perusahaan untuk menghasilkan laba. Ini mengidentifikasi produk atau layanan bisnis yang akan dijual, target pasar yang telah diidentifikasi, dan biaya yang diantisipasi. Bisnis baru dalam pengembangan harus memiliki model bisnis, jika hanya untuk menarik investasi, membantunya merekrut bakat, dan memotivasi manajemen dan staf. Bisnis yang sudah mapan harus sering mengunjungi dan memperbarui rencana bisnis mereka atau mereka akan gagal mengantisipasi tren dan tantangan di masa depan. Investor perlu meninjau dan mengevaluasi rencana bisnis perusahaan yang menarik minat mereka.
·        The Business Model Canvas (BMC)
Business Model Canvas adalah template manajemen strategis dan lean startup untuk mengembangkan model bisnis baru atau yang mendokumentasikan. Ini adalah bagan visual dengan elemen-elemen yang menggambarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur, pelanggan, dan keuangan. Ini membantu perusahaan dalam menyelaraskan kegiatan mereka dengan menggambarkan potensi pertukaran.
Pada dasarnya BMC (Business Model Canvas) adalah kerangka kerja yang bertujuan mempermudah mempresentasikan business model. BMC terdiri dari 3 unsur utama yaitu ProductValue, dan Market.

·        The 9 Building Blocks
ü  Segmen Pelanggan - Audiens target yang Anda rencanakan untuk menawarkan nilai dengan produk atau layanan Anda.
ü  Proposisi Nilai - Proposisi nilai ini dibuat untuk menjelaskan bagaimana segmen pelanggan Anda akan menilai dari penawaran unik Anda dan membedakannya dari pesaing.
ü  Channels - Saluran apa yang akan ditawarkan proposisi nilai Anda?
ü  Hubungan Pelanggan - Bagaimana Anda berencana menjaga hubungan yang kuat dengan segmen konsumen Anda?
ü  Aliran Pendapatan - Bagaimana proposisi nilai Anda akan menghasilkan pendapatan dari setiap audiens target?
ü  Sumber Daya Utama - Ini adalah aset yang tersedia untuk bisnis yang memungkinkan Anda untuk menjalankan operasi Anda secara efektif.
ü  Kegiatan Utama - Operasi apa yang penting untuk keberhasilan bisnis Anda?
ü  Kemitraan Kunci - Kemitraan ini diperoleh melalui jaringan dengan orang-orang yang dapat membantu kesuksesan bisnis Anda.
ü  Struktur Biaya - Semua biaya yang terkait dengan bisnis.

·        Example of BMC

1) Costumer Segment / Segmentasi Konsumen
Di pilar pertama dari BMC, hal yang dibahas adalah tentang segmentasi konsumen atau pasar yang dituju. Dalam elemen ini, perlu dijelaskan secara mendetail siapa saja yang potensial untuk menjadi konsumen dari bisnis tersebut. Dapat pula disertakan alasan mengapa target merupakan konsumen potensial.
2) Value Propositions / Proposisi Nilai
Pilar kedua berisi tentang nilai atau tepatnya keunggulan dari bisnis terkait. Apa yang membuatnya berbeda dan lebih menarik dibandingkan bidang bisnis lain. Dalam penyusulan value propositions, penting untuk mengutamakan pembahasan inovasi yang ditawarkan dalam bisnis tersebut.

3) Channel / Jalur
Jalur dalam pilar ketiga lebih mengacu pada media promosi yang hendak digunakan untuk memasarkan bisnis itu. Tentu saja, taktik promosi menjadi faktor penting dalam kesuksesan usaha. Jadi, dalam elemen bisnis model canvas kali ini akan dijelaskan rinci metode pemasaran yang efektif.
4) Costumer Relationships / Hubungan dengan Pelanggan
Bagaimana cara menjaga hubungan baik sekaligus mempertahankan loyalitas konsumen merupakan elemen selanjutnya dalam business model canvas. Di pilar ini, perlu diuraikan secara terperinci perihal strategi jitu agar konsumen tidak berpindah kepada kompetitor.

5) Revenue Stream / Aliran Pendapatan
Elemen kelima berkaitan dengan pendapatan bisnis. Revenue stream terbagi menjadi cost atau pendanaan dan revenue atau pendapatan. Dengan kata lain, di sini dijelaskan mengenai sumber asal modal dan objek yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

6) Key Activities / Kegiatan Kunci
Pilar ini berhubungan dengan pilar kedua, yakni value propositions. Aktivitas apa yang dapat menciptakan nilai unggul terhadap perusahaan? Dalam pilar key activities, perlu dijabarkan perihal kegiatan yang efektif dalam meningkatkan nilai bisnis.

7) Key Resources / Sumber Daya Utama
Catatan aset perusahaan secara lengkap perlu dijelaskan dalam elemen ini. Penulisannya perlu berhati-hati karena berpotensi tertukar dengan pilar revenue stream karena kemiripan poin. Material produk, sarana dan prasarana merupakan contoh elemen yang wajib tercatat.

8) Key Partnership / Mitra Kunci
Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah menjalin kemitraan atau kerja sama. Pada elemen bisnis model canvas key partnership, dijabarkan tentang siapa saja yang potensial untuk menjalin kemitraan atau telah sukses mencapai kesepakatan kerja sama.
9) Cost Structure / Struktur Pembiayaan
Pilar terakhir cukup menjebak di mana berisi tentang keterangan detail kebutuhan pendanaan untuk seluruh aktivitas bisnis. Bukan sumber asal modal atau ketersediaan sumber daya, melainkan kalkulasi biaya keseluruhan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar